Psychological Capital Training

tantangan yang menarik. sehari dalam panggung konser training for impact buat para Guru SMK NU LAMONGAN 13 januari 2016.

PCT [2]

Telah menjadi cerah bercerita saat ditantang sahabat @edy purwanto calon magister dg mentransfer materi/teori Psychological Capital (modal psikologis) bagi sebuah tim kerja. Tuk meningkatkan work engagement di lingkungan sekolah SMKNU Lamongan Jawa Timur.

Di dalam modal psikologis ini ada empat aspek yg mesti di jadikan proses dan tahap penyampaian. Sebagaimana tepri yg telah ditemukan.

Uniknya adalah, teori ini belum pernah di uji dalam sebuah sesi training. Apalagi durasinya dalam waktu sehari.

Tiga hari sebelum acara. Saya ditemui dan diskusi sebentar. Lalu esoknya dikirimi bahan dan rundown acara. Dari yg di rencanakan oleh peneliti, bahwa acara akan dimulai dari jam 08.00 sampai pk 17.00.

PCT [1]

Asieknya saat fasilitasi dimulai. Saya pun menawarkan kontrak belajar yg di dalamnya selain mengenalkan norma dan kiat belajar. Saya ajak pesrta melakukan partisipasi penuh tuk menentukan batas waktu sanggup belajar hingga jam berapa.

Hasilnya. Saat acara di desain jam 17.00 ternyata peserta mengusulkan selesai jam 13.00 lalu jam 13.00 dan akhirnya menyepakati bisa sampai jam 14.00 sesuai jam kegiatan belajar yg berlaku di sekolah.

Saat sesi menghargai apa yg ada. Saya ajak tiap orang menemukan kisah apa pengalaman paling berkesan menjadi Guru. Hasilnya keren.

Kemudian sesi menggali apa yang mungkin. Saya tantang mereka membuat prestasi dan terobosan menggunakan IT sebagai cara melahirkan inovasi belajar mengajar. Lalu sesi menyepakati saya tawarkan ttg bagaimana meningkatkan performa sekolah dengan melakukan promosi kreatif menggunakan multi media.

PCT [3]

Dan tahap melahirkan inovasi baru sebagai bagian dari tahap resiliency saya tantang para guru membuat desain preatasi nasional dan internasional.

Usai semua sesi. Tentu masuk pada sesi feedback bagi proses belajar. Saat sati kata dari tiap orang disebut begitu nano-nano rasanya.

Pak kepsek M. Yunus menyebut ini pengalaman luar biasa. Kemudian pak syafii ini momen yang langka dan istimewa. Saya berharap yg seperti ini tetap bisa dilakukan lagi di laon waktu. PCT [5]

Bu guru bimbingan kesiswaan menyebut jika ini cerdas dan fun. Prosesnta asiek tapi materi belajar isinya sangat pentong buat kemajuan guru pendidik.

Terimakasih sahabat, semoga tanggal 20 ujian tesisnya lancar. Dan training for impact buat para guru SMK NU juga makin menambah semangat melakoni guru yg inovatif.

Salam dunia cerah,
Selamat merayakan proses mencipta

‪#‎cerahberisi‬ ‪#‎inovasisosialindonesia‬ ‪#‎ISIfoundation‬

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s