Kartar Tenaru Gresik

Dua hari menerima tantangan proses tuk menghidupkan kembali imajinasi. Acara musyawarah anggota sekaligus pemilihan fungsionaris baru kartar tenaru gresik.

Rangkaian acara perumusan, pengambilan keputusan dan peningkatan kapasitas dibidang kepemimpinan dan kerjasama tim. Dengan pendekatan cara belajar CERAH. mengenalkan kembali pentingnya kaum muda dan perubahan sosial.

tenaru [3]

Bagaimana menciptakan desa membangun untuk mewarnai Indonesia. Idenya membangun bangsa dari Desa.

Kemasan acara indoor, outdoor dan kembali ke indoor. Melengkapi siklus belajar PLAYING FOR CHANGE.

 

Sejumlah hampir 50 orang di bagi dalam tiga kelompok besar. Lalu di tiap kelompok akan di bagi tiga dengan peran ada yg bisu. Tugasnya mentransfer kepada lingkaran para anggota yg memerankan tuli.

Lalu bagi kelompok yg memerankan tuli. Dipisahkan agak jauh dengan tugasnya tuk menyampaikan serapan informasi dari bahasa isyarat kelompok bisu.

Tantangannya adalah meyakinkan kepada para kelompok buta yang berada di ujung pesan berantai tuk melakukan pesan transfernya.

tenaru [4]

Dalam photo diatas ini kalau menurut para sahabat kira2 sebuah aksi apaa haayoooooo??? Yang tahu n jawabannya tepat akan dapat souveniir satu kaos cerah institute. 😉 edisi what ever do you think, think the opposite.

Dari enam fun-creative games. Yang sudah dimainkan di acara dua hari musyawarah anggota dan pelatihan kepemompinan kartar.

Akhirnya Pada acara umpan balik belajar (indoor N outdoor). Arena putaran game ini tadi yag dianggap paling seru dan menguras tenaga (bagi kelompok tuli) oleh para peserta.

Sedangkan saat saya tanya apa yang benar sudah dipelajari dan apa yang benar2 dinilai ada makna kepemimpinan? Semua begitu beragam pilihan dari kata antar peserta. Meski kata bersma-belajar-kerjasama terdengar dominan.

Kembali pada games BTB. tugas bagi yg kebagian memerankan si buta yang cerdas. Tanta gannya ini benar2 menimbulkan penasaran (apa bener perintahnya) dsn butuh keyakinan tinggi tuk mempercayai arahan kelompok tuli.

Adegan dalam photo ini sebenarnya berangkat dari sebuah pesan “dua orang peluk pohon, satu orang nunggang patung harimau”.

Pilihan kata ini saya pilih secara spontan saat permainan berjalanan satu babak. Awalnya saat memasanf tali gasper sebagai pembatas pada pagi harinya. Blm ada terlintas pikiran tuk memilih pesan berantai peluk pohon dan nunggang patung harimau. 😉 😀 😀

Hasilnya luar biasa heboooh dan membuat para peserta riang gembira dalam suasana menyelesaikan tantangan.

tenaru [2]

Terimakasih Bunda Ani dan adik alent yang sudah bantu persiapkan alat bantu dan memasang sekalian clossingnya.

Terimakasih cak Muhammad Naim beserta seluruh jajaran pengurus karang taruna ds tenaru gresik yang sudah ngajak kolaborasi.

Selamat kepada ketua dan seluruh pengurus terpilih periode 2016-2019 yang akan menghidupkan kembali imajinasi dan pemuda berkarakter.

Ayo membangun bangsa dari desa. Selamat menciptakan desa membangun berbasis kekuatan pemuda yang senantiasa mau menjafi bagian dari gerak perubahan.

Selamat merayakan proses mencipta…

Salam dunia cerah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s